Kategori
Alkohol

Daftar Minuman Beralkohol Dengan Kadar Jumlah Yang Aman

Minuman keras adalah jenis minuman yang memiliki kandungan alkohol yang dapat memabukkan dan mempengaruhi daya kerja otak khususnya daya ingat dan respon emosi .

Meski begitu, jumlah kandungan yang ada dalam minuman alkohol tidaklah sama, ethanol atau alkohol pada sebuah minuman tergantung dari proses peracikannya. Tipe minuman keras yang dibikin hasil dari peragian tumbuhan memakai ragi misalkan, memiliki kandungan kandungan alkohol yang tidak begitu tinggi. Dalam pada itu minuman yang dibikin hasil dari Situs Judi Slot Terbaik Dan Terpercaya No 1 2021 peragian dan disuling kembali dengan temperatur tinggi, kandungan alkoholnya semakin tinggi.Oleh karenanya, penting untuk Anda ketahui kandungan alkohol pada minuman itu dan kandungan aman dalam mengkonsumsinya agar tidaklah sampai menghancurkan kesehatan.

Kumpulan Minuman Beralkohol

Tipe-Jenis Minuman Keras

Ada beberapa tipe minuman alkohol yang dipasarkan di pasar, beberapa salah satunya ialah:

1. Wine

Minuman mengandung alkohol seperti wine umumnya dihidangkan bersama dengan makanan. Biasanya, kandungan alkohol wine mempunyai sekitaran 14%. Wine tipe champagne rerata memiliki kandungan 12% alkohol, tetapi tipe wine lain seperti sherry, port, atau medeira memiliki kandungan sekitaran 20% alkohol.Bila diminum dengan jumlah yang tidak terlalu berlebih, wine mempunyai beberapa faedah untuk kesehatan, seperti mempertahankan kesehatan jantung dan turunkan resiko Alzheimer.

2. Bir

Bir adalah minuman mengandung alkohol terpopuler yang tersebar di pasar. Kandungan alkohol bir tidak begitu tinggi bila dibanding dengan tipe minuman keras yang lain, yakni sekitaran 4%-6%. Beberapa merk bir ada juga yang keluarkan tipe light beer yang mempunyai kandungan alkohol lebih rendah kembali, yakni 2%.

3. Sake

Sake sebagai minuman mengandung alkohol asal jepang yang cukup terkenal di Indonesia. Dibuat dari peragian beras, minuman ini memiliki kandungan sekitaran 16% alkohol.

4. Gin

Dibuat dari kombinasi buah berry dan kulit jeruk dan berkadar alkohol 35-55%, gin umumnya jadi bahan khusus pada kombinasi martini.

5. Tequilla

Datang dari penyulingan sisi tengah tanaman agave biru, tequilla dengan alami berasa manis karena memiliki kandungan gula yang tinggi. Rerata, kandungan alkohol tequila ialah 40% alkohol.

6. Brandy

Tipe minuman keras anggur yang sudah lewat reaksi peragian dan distilasi ini umumnya mempunyai 40% alkohol. Salah satunya tipe brandy yang populer ialah Cognac.

7. Wiski

Dibikin dengan menyuling adonan yang dibuat dari beberapa bijian yang sudah difermentasi awalnya pada temperatur tinggi, wiski selanjutnya diletakkan sepanjang kemungkinan dalam tong kayu ek. Kandungan ethanol pada minuman alkohol ini umumnya capai 40-50%.

8. Vodka

Minuman alkohol ini dibikin dengan menyuling adonan yang difermentasi, tetapi bahan intinya ialah kentang, terkadang digabung buah dan susu. Rerata, kandungan alkohol vodka ialah 40%.

9. Rum

Minuman tipe rum ini dibikin dengan distilasi tebu murni, sari tebu, atau tetes tebu dan umumnya diletakkan dalam tong kayu. Kandungan alkohol rum sekitaran 40-75,5%.

10. Soju

Soju adalah tipe minuman keras sama yang disuling dari beragam tipe tepung tanaman. Kandungan alkohol soju bervariatif, dimulai dari 15 sampai lebih dari 50 %.Perbedaannya dengan sake ialah minuman alkohol yang diolah seperti bir dan dibuat dari beras. Sementara, soju dibikin dengan proses penyulingan.

11. Anggur merah

Anggur merah adalah tipe minuman mengandung alkohol yang awalannya dibikin sebagai jamu. Walau dibuat dari anggur seperti wine, rasa anggur merah ialah manis dan pahit dengan alkohol yang dirasa. Kandungan alkohol anggur merah umumnya sekitar 20%.

12. Absinth

Tipe minuman keras yang kandungan alkoholnya tertinggi ialah absinth, yaitu 90%. Absinth ialah hasil penyulingan dari peragian jamu dan dedaunan.

Berapakah Kandungan Alkohol Yang Aman Untuk Diaman?

Baiknya, Anda jangan minum alkohol untuk argumen kesehatan. Tetapi, bila masih tetap ingin konsumsi minuman alkohol ini, seharusnya tidak terlalu berlebih dan ketahui kandungan amannya sama sesuai tipe macamnya, misalkan:

  • Bir yang memiliki kandungan 5% alkohol, optimal 355 ml
  • Anggur yang memiliki kandungan 12% alkohol, sekitaran 148 ml
  • Minuman keras alias minuman keras (gin, rum, whiskey, tequila, atau vodka), optimal 45 ml

Pada dasarnya, jumlah aman konsumsi alkohol akan bervariatif, bergantung keadaan pribadi. Banyak hal yang mempengaruhinya diantaranya umur, factor genetik, dan permasalahan kesehatan individu.Wanita disarankan untuk konsumsi tipe minuman keras dalam jumlah yang semakin sedikit dari referensi di atas, karena rerata lebih rawan mabok dibandingkan pria. Tetapi, wanita yang sedang hamil dan menyusui jangan meneguk tipe minuman mengandung alkohol benar-benar karena dicemaskan  mencelakakan diri kita dan janin dalam kandungan.

Efek minum alkohol

Dampak jelek minuman alkohol untuk ibu hamil dimulai dari mengakibatkan keguguran sampai bayi lahir dengan cacat bawaan. Sementara untuk orang secara umum, konsumsi alkohol terlalu berlebih bisa memunculkan imbas untuk kesehatan fisik dan psikis, misalnya:

  • Stres
  • Demensia
  • Hepatitis alkoholik
  • Anemia
  • Penyakit jantung, seperti aritmia (detak jantung tidak teratur) dan kardiomiopati (otot jantung bermasalah)
  • Perlemakan hati sampai sirosis
  • Asam urat
  • Penekanan darah tinggi
  • Kerusakan saraf
  • Stroke
  • Beberapa type kanker, seperti kanker payudara, usus, hati, esofagus, mulut, sampai pankreas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.